Skip to main content

Pentingnya Menetapkan Tujuan & Sasaran Sejak Kuliah Demi Karir Masa Depan


Setiap menghadapi tahun baru, banyak dari kita berpikir tentang bagaimana supaya tahun berikutnya menjadi lebih baik. Kita dapat menggunakan proses dan metode yang terorganisasi dengan baik dengan cara menangkap ide dan pemikiran di atas kertas; atau dengan cara merefleksikan diri dan berpikir tentang cara khusus untuk meningkatkan kualitas hidup menghadapi di tahun mendatang.
Sebagai mahasiswa, mungkin kamu berpikir tentang cara meningkatkan prestasi akademik untuk membantumu mendapatkan pekerjaan profesional setelah lulus kuliah. Mahasiswa yang lulus kuliah setelah beberapa tahun merasa cukup bahagia untuk mendapatkan pekerjaan apa saja yang dapat mereka lakukan hingga keadaan ekonomi memungkinkan.
Di bawah ini 10 hal yang dapat dilakukan mahasiswa untuk mempersiapkan diri mereka lebih baik untuk menggapai karir masa depan. Karena persaingan dunia kerja yang semakin ketat, sangat penting bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri lebih awal sejak masih kuliah untuk karir masa depan dan mulai memahami apa yang dicari perusahaan untuk mengisi posisi yang tepat bagi lulusan baru.
Berikut adalah kiat-kiat yang bisa kamu coba:
1.       Buat Daftar Tujuan dan Sasaran Personal serta Profesional
Membuat daftar tujuan akan membantu kamu untuk fokus pada target. Begitu kamu sudah mendapatkan tujuan utama yang kamu capai, pastikan menulis tiga atau empat sasaran atau cara bagaimana rencana kamu untuk mencapai tujuan tersebut.
Contoh Tujuan dan Cara Personal dan Profesional:
Tujuan #1 - Menaikkan IPK hingga mendekati 4,0
Cara:
1. Tinggal di kelas setelah pelajaran usai untuk mendiskusikan beberapa pertanyaan dengan dosen.
2. Menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar.
3. Pastikan makan makanan yang sehat, berolah raga, dan tiduk yang cukup.
Tujuan #2 - Mendapatkan pengalaman yang berkaitan dengan bidang karir yang  diminati
Cara:
1. Mulai membangun jaringan dan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi dengan beberapa orang yang bekerja di bidang karir sesuai keinginan.
2. Mempersiapkan resume.
3. Mencaari kesempatan magang.
4. Melibatkan diri dalam proyek suka rela di organisasi kampus atau daerah.
5. Bergabung dengan sebuah organisasi di kampus dan cari kesempatan untuk menjadi bagian sturktur kepemimpinan.
2. Pahami Kepribadian kamu, Nilai, Minat, dan Kemampuan selain Mengindentifikasi Kekuatan dan Kelemahanmu.
Melakukan penilaian diri sebagai langkah awal dari proses perencanaan karir. Berbicara dengan konsultan karir di kampusmu dapat membantu menyingkap beberapa potensi pribadi dan mulai mengenali diri Anda sendiri dengan lebih baik. Ada juga sejumlah penilaian atau tes yang dapat kamu ikuti untuk membantu mengarahkan diri ke arah yang tepat.
3.       Penelitian
Baik dengan cara melakukan penelitian potensi utama atau pilihan karir secara aktif, melakukan penelitian dapat membantumu mengklarifikasi lebih jauh tentang tujuan kamu dan membantu dirimu dalam proses mengambil keputusan. Untuk mendapatkan pengalaman yang  berkaitan di dunia kerja yang nyata, kamu dapat memulai dengan cara melakukan penelitian dengan cara job shadowing yaitu pengalaman kerja bagi pelajar untuk mengetahui tugas-tugas dan informasi lain tentang pekerjaan terkait dengan cara menjadi “bayangan” atau mengikuti aktifitas kerja oleh pekerja profesional. Hal ini diketahui sangat membantu pelajar atau mahasiswa untuk mengenali dunia kerja yang diminatinya sebelum menghadapi dunia kerja yang sebenanrnya. Selain itu juga dapat membantu mengenali kesempatan kerja dan kesempatan magang yang tersedia.
4.       Buat Resume dan Surat Lamaran
Awalnya mungkin kamu ingin membuat resume umum yang mendaftar semua skill dan prestasi yang pernah kamu raih. Begitu kamu siap untuk melamar kerja atau magang, kamu perlu membaca keseluruhan kulaifikasi posisi yang kamu lamar dan pastikan resume dan surat lamaran kerja kamu mengarah pada posisi dan organisasi tertentu.
5.       Mengembangkan Jaringan Profesional
Hubungi orang yang kamu kenal dan juga alumni kampusmu untuk tujuan mendiskusikan jejak karir yang mereka jalani, bagaimana mereka berada di posisi mereka sekarang ini, dan dapatkan rekomendasi bagaimana kamu dapat masuk ke industri tersebut dengan caramu sendiri.
6.       Lakukan Wawancara
Hubungi teman, keluarga, pekerja sebelumnya, alumni dari kampusmu untuk mengadakan 20 hingga 30 sesi wawancara melalui telepon. Jika mereka tinggal dekat dengan tempat kamu, kamu boleh meminta mereka bertemu atau melakukan wawancara secara langsung di kantor atau organisasi mereka. Job Shadowing adalah cara yang bagus untuk mempelajari lebih banyak tentang bidang karir yang kamu minati dengan menghabiskan waktu dengan seseorang yang bekerja di bidang tersebut.
7.       Cari Kesempatan Magang
Membentuk jaringan profesional dan wawancara merupakan cara yang baik untuk mempelajari lebih banyak tentang karir dan pilihan karirpotensial. Kamu mungkin juga beruntung dan mendapatkan kesempatan magang yang tersedia melalui jaringan atau lakukan pencarian di situs lowongan kerja seperti Neuvoo.
Tiga Cara untuk Mendapatkan Kesempatan Magang:
-          Membentuk jaringan atau networking
-          Memeriksa basis data potensi magang online di bidang yang kamu minati dan lokasi yang kamu tuju.
-          Mencari tahu tentang perusahaan yang menawarkan kesempatan magang di bidang yang  kamu inginkan.

8.       Menjadi Tenaga Suka Rela
Ada banyak organisasi yang membutuhkan tenaga suka rela. Kamu dapat mengetahui salah satunya dari kampusmu atau komunitas di kampusmu atau dari pengumuman di desamu ketika kamu pulang kampung semasa liburan. Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan Neuvoo.
9.       Ikut Organisasi atau Klub Olah Raga di Kampus
Jika dikampusmu ada banyak klub yang dapat kamu ikuti, cari yang paling menarik dan gabunglah. Ikutlah dalam pertemuan-pertemuan yang mungkin akan membantumu mengembangkan kemampuan tambahan yang membuat kamu menjadi aset berharga di pasar dunia kerja nantinya. Terlibat dalam peranan kepemimpinan di kampus adalah sesuatu yang disukai oleh perusahaan.
10.   Kenali Jurusan Kamu
Membantu kegiatan fakultas atau berpartisipasi di beberapa penelitian kerjasama akan membantumu mengembangkan hubungan kerja profesional dengan anggota fakultas di kampusmu. Kamu tidak hanya akan dapat memperlajari apa yang mereka lakukan, kamu juga akan menciptakan peluang untuk mendapatkan rekomendasi yang kuat untuk pekerjaan di masa depan atau program lulusan yang mungkin akan kamu lamar.

terima kasih atas kontribusinya. 



Comments

Popular posts from this blog

Makalah Hankam Indonesia

MAKALAH PS & KEWARGANEGARAAN DILEMA KEKUATAN MILITER INDONESIA DAN PERAN TNI-POLRI TERHADAP HANKAM INDONESIA BAB I PENDAHULUAN A.      Latarbelakang Perkembangan manusia di abad ke-21 ini sangatlah cepat dan kompleks.Berbagai pembangunan yang dilakukan oleh negara-negara besar telah mendorong beragam kemajuan pada negara-negara dunia ketiga.Perkembangan ini ternyata tidak saja didominasi oleh bidang tehnologi saja,melainkan juga diiringi oleh berbagai kemajuan disegala bidang kehidupan masyarakat global. Kemajuan-kemajuan tersebut diyakini akan selalu mengalami perkembangan kearah yang lebih modern dan akan melibatkan seluruh negara-negara didunia tanpa terkecuali. Kondisi yang dialami dunia secara global ini berdampak kepada pentingnya pelayanan negara kepada rakyatnya.Di Indonesia sendiri, tujuan negara tercantum jelas pada pembukaan UUD 1945 yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum,mencerdaskan

wallpaper HD

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat sore saudara sekalian, today I just want a share some a picture for your dekstop wallpaper... cekidot...

makalah sanad, urgensi dan matan hadist

SANAD DAN MATAN HADIST BAB 1 Pendahuluan Dalam mempelajari sanad Hadis Nabi SAW, seseorang harus mengetahui dua unsure penting yang menentukan keberadaan dan kualitas Hadis tersebut, yaitu  al-sanad dan al- matan.  Kedua unsure Hadis tersebut begitu sangat penting artinya dan antara yang satu dan yang lainny saling berhubungan erat, sehingga apabila salah satunya tidak ada maka akan berpengaruh terhadap, dan dapat merusak, eksistensi dan kualitas suatu Hadis. Suatu berita yang tidak memiliki sanad, menurut ulama’ Hadis tidak bisa di sebut sebagai Hadis; dan kalupun disebut juga dengan Hadis maka ia di nyatakan sebagai Hadis palsu (mawdhu’) demikian halnya juga dengan  matan,  ssebagai materi atau kandungan yang dimuat oleh Hadis, sangat menentukan keberadaan sanad, karena tidak akan dapat suatu sanad atau rangkaian para perawi di sebut ssebagai Hadis apabila tidak ada matan atau materi Hadisnya, yang terdiri dari atas perkataan,perbuatan, atau ketetapan ( taqrir ) Rosul SAW.